Representasi Rambut Ideal dalam Iklan Shampo Rejoice
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menjelaskan mengenai rambut ideal yang direpresentasikan melalui iklan Shampo Rejoice 3in1 #RambutNoDrama. Dimana rambut merupakan bagian tubuh perempuan yang dapat mewakili kecantikan seorang perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan teori semiotika Roland Barthes. Hasil dari penelitian ini adalah Iklan Shampo Rejoice 3in1 #RambutNoDrama menggambarkan bahwa tidak ada definisi dari rambut ideal atau rambut yang indah. Semua perempuan bebas mengekspresikan dirinya dan tampil cantik sesuai dengan gaya rambutnya masing-masing, baik itu perempuan berambut lurus ataupun berambut keriting hingga perempuan yang menggunakan hijab. Perempuan bebas untuk mengekspresikan dirinya sendiri sesuai dengan kemauannya. Rambut ideal yang ditampilkan dalam iklan shampo Rejoice ini tidak menggambarkan rambut ideal berdasarkan bentuk rambutnya yang lurus ataupun keriting. Pengambaran rambut ideal yang ditampilkan melalui iklan shampo Rejoice ini lebih mengarah kepada rambut ideal itu rambut yang lembut, tidak kusut, mudah diatur, wangi dan fresh.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Audiens as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Authors should sign Copyright Transfer Agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Audiens prior to the publication. Jurnal Audiens strive to ensure that no errors occur in the articles that have been published, both data errors and statements in the article.
Jurnal Audiens keep the rights to articles that have been published. Authors are allowed to use their works for any purposes deemed necessary without written permission from Jurnal Audiens with an acknowledgment of initial publication in this journal.
License
All articles published in Jurnal Audiens are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA) license. You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms. Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
References
Annafi, Sabila Putri, and Latifah Nurul Azizah. 2020. “Representasi Tubuh Ideal Perempuan Dalam Iklan WRP Versi Limited Edition.” Jurnal Audiens 1(2). doi: 10.18196/ja.12025.
Dita, Cornellia Yulin Esther, and Farid Pribadi. 2022. “Representation of Women ’ s Beauty in Garnier Advertisements Light Complete Brightening Foam.” Metafora: Education, Social Sciences and Humanities Journal p-ISSN: 06(01).
Elvina, Elvina. 2014. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Shampo Merek Rejoice Pada Masyarakat Rantauprapat.” Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen) 1(2):83–90. doi: 10.36987/ecobi.v1i2.29.
Haryono, Gampo. 2018. “Pengaruh Iklan Di Televisi Dan Kualitas Produk Terhadap Motivasi Pembelian Pelanggan Shampo Sunsilk Pada Mahasiswi Di STIE Sakti Alam Kerinci.” EKSIS: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis 9(1):1–8.
Irwanto, Tito, and Wahyu Hariyadi. 2018. “Hubungan Iklan Dan Citra Merek Dengan Keputusan Pembelian Shampo Clear Pada Swalayan Fadillah Kota Bengkulu.” EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis 6(2):188–99. doi: 10.37676/ekombis.v6i2.612.
Ismujihastuti, RAGD, and A. B. Mahadian. 2015. “Representasi Wanita Dalam Sampul Album Raisa (Analisis Semiotik Roland Barthes Terhadap Sampul Album Raisa Andriana ‘Raisa’ Dan ‘Heart to Heart’).” EProceedings of Management 2(1):994–1007.
Mannan, Audah, and Andi Ferawati. 2019. “REPRESENTASI CITRA WANITA BERJILBAB DALAM IKLAN SHAMPO SUNSILK CLEAN AND FRESH VERSI RISTY TAGOR (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES).”
Mareta, Lavenia Putri, and Tri Kurniawati. 2020. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Iklan Terhadap Minat Beli Ulang Shampo Rejoice.” Jurnal Ecogen 3(3):400. doi: 10.24036/jmpe.v3i3.9916.
Marwah. 2020. “Representasi Perempuan Muslimah Dalam Iklan Shampo Rejoice Hijab 3 in 1 Di Youtube.”
Meidiati, Rezania. 2016. “ANALISIS SEMIOTIK KECANTIKAN WANITA MUSLIMAH PADA IKLAN SHAMPO SUNSILK CLEAN AND FRESH VERSI LAUDYA CINTYA BELLA.” UNIVERSITAS ISLAM NEGRI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA.
Pratiwi, Okta, and Luthfianiza Luthfianiza. 2020. “Dari Kuning Langsat Menjadi Putih: Representasi Identitas Kulit Perempuan Ideal Indonesia Dalam Iklan Citra.” Jurnal Audiens 1(2). doi: 10.18196/ja.12016.
Putri, Ardiyanti Pradhika. 2014. “Representasi Citra Perempuan Dalam Iklan Shampoo Tresemme Keratin Smooth Di Majalah Femina.” Journal Ilmu Komunikasi 2(2):104–15.
Sebayang, Christiyani Martha. 2017. “Analisis Semiotika Representasi Kecantikan Pada Iklan Pantene Total Damage Care 10 Versi Raline Shah Di Media Televisi.” Universitas Mulawarman 5(2):66–80.
Suryani, Tri Irma, Arief Hidayatullah, Yayu Rahmawati Mayangsari, and Rahmi. 2020. “Representasi Perempuan Tangguh Dalam Iklan Shampo Pantene Pro-VItamin Series.” Jurnal Komunikasi Dan Kebudayaan 7 Nomor 1:158–67.