Representasi Rambut Ideal dalam Iklan Shampo Rejoice

Main Article Content

Cornellia Yulin Esther Dita
Widya Ayu Nirmala Sari
FX Sri Sadewo

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menjelaskan mengenai rambut ideal yang direpresentasikan melalui iklan Shampo Rejoice 3in1 #RambutNoDrama. Dimana rambut merupakan bagian tubuh perempuan yang dapat mewakili kecantikan seorang perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan teori semiotika Roland Barthes. Hasil dari penelitian ini adalah Iklan Shampo Rejoice 3in1 #RambutNoDrama menggambarkan bahwa tidak ada definisi dari rambut ideal atau rambut yang indah. Semua perempuan bebas mengekspresikan dirinya dan tampil cantik sesuai dengan gaya rambutnya masing-masing, baik itu perempuan berambut lurus ataupun berambut keriting hingga perempuan yang menggunakan hijab. Perempuan bebas untuk mengekspresikan dirinya sendiri sesuai dengan kemauannya. Rambut ideal yang ditampilkan dalam iklan shampo Rejoice ini tidak menggambarkan rambut ideal berdasarkan bentuk rambutnya yang lurus ataupun keriting. Pengambaran rambut ideal yang ditampilkan melalui iklan shampo Rejoice ini lebih mengarah kepada rambut ideal itu rambut yang lembut, tidak kusut, mudah diatur, wangi dan fresh.

Article Details

How to Cite
Cornellia Yulin Esther Dita, Widya Ayu Nirmala Sari, & FX Sri Sadewo. (2023). Representasi Rambut Ideal dalam Iklan Shampo Rejoice. Jurnal Audiens, 4(1), 111–124. https://doi.org/10.18196/jas.v4i1.10
Section
Articles

References

Annafi, Sabila Putri, and Latifah Nurul Azizah. 2020. “Representasi Tubuh Ideal Perempuan Dalam Iklan WRP Versi Limited Edition.” Jurnal Audiens 1(2). doi: 10.18196/ja.12025.

Dita, Cornellia Yulin Esther, and Farid Pribadi. 2022. “Representation of Women ’ s Beauty in Garnier Advertisements Light Complete Brightening Foam.” Metafora: Education, Social Sciences and Humanities Journal p-ISSN: 06(01).

Elvina, Elvina. 2014. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Shampo Merek Rejoice Pada Masyarakat Rantauprapat.” Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen) 1(2):83–90. doi: 10.36987/ecobi.v1i2.29.

Haryono, Gampo. 2018. “Pengaruh Iklan Di Televisi Dan Kualitas Produk Terhadap Motivasi Pembelian Pelanggan Shampo Sunsilk Pada Mahasiswi Di STIE Sakti Alam Kerinci.” EKSIS: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis 9(1):1–8.

Irwanto, Tito, and Wahyu Hariyadi. 2018. “Hubungan Iklan Dan Citra Merek Dengan Keputusan Pembelian Shampo Clear Pada Swalayan Fadillah Kota Bengkulu.” EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis 6(2):188–99. doi: 10.37676/ekombis.v6i2.612.

Ismujihastuti, RAGD, and A. B. Mahadian. 2015. “Representasi Wanita Dalam Sampul Album Raisa (Analisis Semiotik Roland Barthes Terhadap Sampul Album Raisa Andriana ‘Raisa’ Dan ‘Heart to Heart’).” EProceedings of Management 2(1):994–1007.

Mannan, Audah, and Andi Ferawati. 2019. “REPRESENTASI CITRA WANITA BERJILBAB DALAM IKLAN SHAMPO SUNSILK CLEAN AND FRESH VERSI RISTY TAGOR (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES).”

Mareta, Lavenia Putri, and Tri Kurniawati. 2020. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Iklan Terhadap Minat Beli Ulang Shampo Rejoice.” Jurnal Ecogen 3(3):400. doi: 10.24036/jmpe.v3i3.9916.

Marwah. 2020. “Representasi Perempuan Muslimah Dalam Iklan Shampo Rejoice Hijab 3 in 1 Di Youtube.”

Meidiati, Rezania. 2016. “ANALISIS SEMIOTIK KECANTIKAN WANITA MUSLIMAH PADA IKLAN SHAMPO SUNSILK CLEAN AND FRESH VERSI LAUDYA CINTYA BELLA.” UNIVERSITAS ISLAM NEGRI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA.

Pratiwi, Okta, and Luthfianiza Luthfianiza. 2020. “Dari Kuning Langsat Menjadi Putih: Representasi Identitas Kulit Perempuan Ideal Indonesia Dalam Iklan Citra.” Jurnal Audiens 1(2). doi: 10.18196/ja.12016.

Putri, Ardiyanti Pradhika. 2014. “Representasi Citra Perempuan Dalam Iklan Shampoo Tresemme Keratin Smooth Di Majalah Femina.” Journal Ilmu Komunikasi 2(2):104–15.

Sebayang, Christiyani Martha. 2017. “Analisis Semiotika Representasi Kecantikan Pada Iklan Pantene Total Damage Care 10 Versi Raline Shah Di Media Televisi.” Universitas Mulawarman 5(2):66–80.

Suryani, Tri Irma, Arief Hidayatullah, Yayu Rahmawati Mayangsari, and Rahmi. 2020. “Representasi Perempuan Tangguh Dalam Iklan Shampo Pantene Pro-VItamin Series.” Jurnal Komunikasi Dan Kebudayaan 7 Nomor 1:158–67.