Representasi Tubuh Remaja Ideal dalam Iklan Pocari Sweat “Kembali Aktif, GO!”

Main Article Content

Widyasmara Trimas
Devi Rahmawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan mengenai representasi tubuh ideal laki-laki dan perempuan yang terdapat pada iklan Pocari Sweat “Kembali Aktif, GO!”. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode semiotika. Hasil dari penelitian ini yaitu iklan Pocari Sweat "Kembali Aktif, GO!" menampilkan representasi tubuh ideal remaja, dengan menyoroti atribut fisik yang dianggap menggambarkan kecantikan dan kebugaran. Melalui denotasi dan konotasi gambar, iklan menampilkan remaja Sekolah Menengah Atas dengan tubuh proporsional, kulit bersih, dan energi yang tinggi setelah mengonsumsi Pocari Sweat. Hal ini menciptakan mitos bahwa  citra bahwa memiliki tubuh ideal adalah kunci untuk mendapatkan popularitas, daya tarik sosial, dan citra diri yang positif di kalangan remaja Sekolah Menengah Atas.

Article Details

How to Cite
Trimas, W., & Rahmawati, D. (2024). Representasi Tubuh Remaja Ideal dalam Iklan Pocari Sweat “Kembali Aktif, GO!”. Jurnal Audiens, 5(1), 11–20. https://doi.org/10.18196/jas.v5i1.266
Section
Articles

References

Annafi, S. P., & Azizah, L. N. (2020). Representasi Tubuh Ideal Perempuan dalam Iklan WRP Versi Limited Edition. Jurnal Audiens, 1(2). https://doi.org/10.18196/ja.12025

Hall, S. (1997). Cultural Representasions and Signifying Practices (S. Hall (ed.)). SAGE PUBLICATIONS.

Hardiansyah. (2012). SENI DISIPLIN TUBUH DALAM PERSPEKTIF MICHEL FOUCAULT. Substansia, 15(1), 165–175.

Hartley, J. (2003). A short history of cultural studies. A Short History of Cultural Studies, 1–189. https://doi.org/10.4135/9781446216934

Hutapea, B. (2017). PERSEPSI TERHADAP DAYA TARIK FISIK MODEL IKLAN DI TELEVISI DAN CITRA TUBUH PADA REMAJA PUTRI Bonar Hutapea. 61–80.

Indarto, A. B., Apriliansyah, N. R., & Waluyo, H. (2021). Representasi Hegemoni Laki-laki Terhadap Perempuan dalam Iklan Teh Sari Wangi Tahun 2021. Jurnal Audiens, 3(2), 149–159. https://doi.org/10.18196/jas.v3i2.11945

Kusumadewi, A. N., Munawar, M., & Urfa, I. B. (2022). Analisis Epic Model terhadap Efektivitas Iklan Online sebagai Media Promosi di Youtube terhadap Keputusan Pembelian Pocari Sweat. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 9(2), 7–11.

Laughey, D. (2007). Key themes in media theory. Key Themes in Media Theory, 1–29.

Lukman Hakim, & Oktavia Monalisa. (2022). Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Iklan Pocari Sweat Versi Ramadhan 1442 H. Mediakita, 6(2), 133–146. https://doi.org/10.30762/mediakita.v6i2.451

Purwonegoro, E. N. A. (2018). Analisis Konten Iklan Pocari Sweat yang Ditayangkan di Televisi. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1, 99–106. https://doi.org/10.55916/frima.v0i1.181

Puspasari, L. (2019). Body Image dan Bentuk Tubuh Ideal , Antara Persepsi dan Realitas. Buletin Jagaddhita, 1(3), 1–4.

Putri, S. A., Novitasari, A., & Khoirunnisa, H. A. (2021). Representasi Tubuh Ideal Perempuan dalam Iklan Thermolyte Plus. Jurnal Audiens, 2(2), 154–165. https://doi.org/10.18196/jas.v2i2.11627

Sari, D. Y., & Sunesti, Y. (2021). Body shaming, citra tubuh ideal dan kaum muda kampus: studi fenomenologi terhadap mahasiswa UNS. Journal of Development and Social Change, Oktober, 40–55.

Senoaji, J., Bagaskara, W. P., & Budiarto, R. R. (2021). Representasi Tubuh Ideal Pria dalam Iklan L-Men 2018: Men’s Guide. Jurnal Audiens, 3(1), 21–30. https://doi.org/10.18196/jas.v3i1.11743

Soeprapto, H., & Semuel, H. (2018). Analisa pengaruh celebrity endorsement credibility pada iklan Pocari Sweat terhadap brand image dan attitude towards the brand. Jurnal Strategi Pemasaran, 5(2), 1–6. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/download/7254/6576

Utami, A. D. W. (2022). Studi Fenomenologi Gaya Hidup Sehat Aktif. 4(2), 172–189.

Wibowo, G. (2019). Representasi Perempuan dalam Film Siti. Nyimak (Journal of Communication), 3(1), 47. https://doi.org/10.31000/nyimak.v3i1.1219

Williams, K. (2003). Understanding Media Theory. 266.

Yazid, T. P. (2014). Representasi Perempuan Minangkabau Dalam Jurnal Perempuan. Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 1–118. https://jkms.ejournal.unri.ac.id/index.php/JKMS/article/viewFile/2558/2513

Zaidan, Y. F. (2020). Relasi Tubuh dan Kekuasaan. JAQFI: Jurnal Aqidah Dan Filsafat Islam, 5(2), 134–154.