Konstruksi Peran Ibu Ideal dalam Iklan Vicks Vaporub Tahun 2023

Main Article Content

Muhammad Rizky Fauzan
Bazlin Fania Farransahad
Nely Rahmawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konstruksi peran ibu ideal dalam iklan Vicks Vaporub tahun 2023 edisi “Rahasia Hebat Tangan Ibu”. Berdasarkan hal tersebut, metode yang tepat untuk mengkaji penelitian ini adalah dengan menggunakan metode semiotika. Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa pada iklan Vicks Vaporub secara jelas menampilkan perempuan, dalam hal ini ibu sebagai tokoh utama iklan. Namun, representasi ibu dalam iklan ini hanya sebatas seorang ibu rumah tangga yang terbatas bekerja di wilayah domestik atau hanya mengurus rumah, serta telaten dalam merawat dan melayani seluruh anggota keluarga. Selain itu, budaya patriarki juga terlihat jelas dalam iklan ini.

Article Details

How to Cite
Fauzan, M. R., Fania Farransahad, B., & Rahmawati, N. (2024). Konstruksi Peran Ibu Ideal dalam Iklan Vicks Vaporub Tahun 2023. Jurnal Audiens, 5(1), 21–29. https://doi.org/10.18196/jas.v5i1.281
Section
Articles

References

Anindia Putri, R., & Putri, K. Y. (2021). Konstruksi Peran Ibu pada Poster Film Bird Box (Analis Semiotika Charles S. Peirce) Construction Of The Role Of The Mother In The Film Poster Bird Box. 15(2), 2579–8146. http://journal.ubm.ac.id/

Iye, R., Susiati, S., & Karim, K. (2020). Citra Perempuan dalam Iklan Sabun Shinzui. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 6(1), 1–7. https://doi.org/10.35326/pencerah.v6i1.529

Hartley, J. (2003). A short history of cultural studies. A Short History of Cultural Studies, 1–189. https://doi.org/10.4135/9781446216934

Khadijah, Ute Lies Siti. 2019. Komunikasi dan Budaya Kontemporer. Bandung: Unpad press.

Laughey, D. (2007). Key themes in media theory. Key Themes in Media Theory, 1–29.

Mardinsah, F., & Wibowo, T. O. (2023). Konstruksi Peran Ibu dalam Video Klip Bertaut. KALBISIANA Jurnal Sains, Bisnis dan …, 9(1), 69–81. http://ojs.kalbis.ac.id/index.php/kalbisiana/article/view/757

Muwarni, E. (2010). Konstruksi “Bentuk Tubuh Perempuan” Dalam Iklan Televisi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 10–19.

Perwira, B. Y., Mayasari, M., & Hariyanto, F. (2019). Kontruksi Makna Perempuan Perokok Studi Fenomenologi Kontruksi Makna Perempuan Perokok Di Karawang. Jurnal Politikom Indonesiana, 4(1), 167–176. https://doi.org/10.35706/jpi.v4i1.1999

Putra, G. B. S. (2021). Analisis Strategi Kreatif pada Iklan Bank BJB Versi “ Anti Panik dengan BJB DIGI ” Tahun 2020 Gede Bayu Segara Putra Program Studi Desain Komunikasi Visual , Fakultas Seni Rupa dan Desain , Institut Seni Indonesia Denpasar Abstrak. Amarasi: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 2(1).

Runtiko, A. G. (2017). Konstruksi Budaya Maskulin dalam Iklan. Jurnal Penelitian Komunikasi, 14(1), 63–80. https://doi.org/10.20422/jpk.v14i1.169Anwar, L. P., & Wulandari, H. (2022). Analisis Semiotika Tentang Representasi Disfungsi Keluarga Dalam Film Boyhood. Journal of Discourse and Media Research, 1(01), 60–78.

Hall, S. (1997). Representation: Cultural Representations and signifying practices spectacle of the other. Sage Publication, 391.

Kasali, R. (2007). Membidik Pasar Indonesia Segmentasi Targeting Positioning. PT Gramedia Pustaka Utama.

Khadijah, U. L. S. (2019). Komunikasi dan Budaya Kontemporer. In Komunikasi dan Budaya Kontemporer. Unpad press.

Kotler, P. (2004). Manajemen Pemasaran Edisi Milenium. PT Prihallindo.

Perwira, B. Y., Mayasari, M., & Hariyanto, F. (2019). Kontruksi Makna Perempuan Perokok Studi Fenomenologi Kontruksi Makna Perempuan Perokok Di Karawang. Jurnal Politikom Indonesiana, 4(1), 167–176. https://doi.org/10.35706/jpi.v4i1.1999

Puspitasari, F. (2013). Representasi Stereotipe Perempuan Dalam Film Brave. Jurnal E-Komunikasi, 1(2), 24. http://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/889/789

Salama, F. A., Putri Anjani, R. V., & Anindya, N. (2022). Representasi Domestifikasi Peran Ibu dalam Iklan Nutella Mummypedia. Jurnal Audiens, 3(4), 250–258. https://doi.org/10.18196/jas.v3i4.14532

Sitanggang, A. (2019). Konstruksi Makna Iklan “Gojek Mempersembahkan: Cerdikiawan.” Jurnal Spektrum Komunikasi, 7(2), 48–63. https://doi.org/10.37826/spektrum.v7i2.45

Worotitjan, H. G. (2014). Konstruksi Kecantikan Dalam Iklan Kosmetik Wardah. Jurnal E-Komunikasi, 2(2), 1–10.

Williams, K. (2003). Understanding Media Theory. 266.