Eksploitasi Seksualitas Perempuan dalam Iklan Kondom Sutra Gerigi – Bikin Nagih

Main Article Content

Shafana Daffa Lintang
Ananda Melinda Rahmah
Fatma Safaat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang seksualitas perempuan dalam iklan Sutra Gerigi - Bikin Nagih yang memperlihatkan objektifikasi seksual dari tubuh perempuan. Penelitian ini menggunakan semiotika dari Roland Barthes sebagai metode penelitiannya. Hasil temuan yang didapatkan menunjukkan bahwa iklan Sutra Gerigi - Bikin Nagih” ini menggunakan male gaze dan menampilkan perempuan sebagai objek pemuas. Eksploitasi seksualitas terlihat jelas pada iklan Sutra Gerigi - Bikin Nagih dan ditandai dengan narasi dan adegan seperti pakaian terbuka, membelai leher untuk menggoda, suara desahan, dan lain-lain. Perempuan ditampilkan sebagai obyek seks yang menggoda bagi laki-laki dalam iklan ini.

Article Details

How to Cite
Lintang, S. D., Melinda Rahmah, A., & Safaat, F. (2024). Eksploitasi Seksualitas Perempuan dalam Iklan Kondom Sutra Gerigi – Bikin Nagih. Jurnal Audiens, 5(1), 40–50. https://doi.org/10.18196/jas.v5i1.290
Section
Articles

References

Apriliyadi, E. K., & Hendrix, T. (2021). Kajian fenomena pandemi Covid-19 di Indonesia: Perspektif wacana, pengetahuan dan kekuasaan Foucault. Sorot, 16(2). https://doi.org/10.31258/sorot.16.2.99-117

Ardiansyah, A. S. (2012). Konstruksi Seksualitas Perempuan di Majalah Men’s Health. Komunikator, 4(02).

Asrofah. (2014). Semiotik Mitos Roland Barthes Dalam Analisis Iklan Di Media Massa. Jurnal Sasindo, 2(1).

Faadhilah, M. S., Aliazzra, M. F., & Tsany, F. A. (2022). Eksploitasi Seksualitas Perempuan dalam Iklan Shopee Versi Big Sale 11.11 2020. Jurnal Audiens, 3(4). https://doi.org/10.18196/jas.v3i4.14520

Fajarianto, A., & Wibowo, J. H. (2023). Analisis Semiotika Eksploitasi Tubuh Wanita Dalam Iklan Sabun Vitalis Body Wash Di Televisi. Semakom ….

Freddy H. Istanto. (2000). Rajutan Semiotika Untuk Sebuah Iklan Studi Kasus Iklan Long Beach. Nirmana, 2(2).

Hartley, J. (2003). A short history of cultural studies. In A Short History of Cultural Studies. https://doi.org/10.4135/9781446216934

Laughey, D. (2007). Key themes in media theory. Key Themes in Media Theory.

Lukitaningsih, A. (2013). Iklan Yang Efektif Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran. In Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan (Vol.

Madina, I. H., & Kumala, A. D. (2020). Eksploitasi Sensualitas Tubuh Perempuan dalam Iklan Cat Avian Versi Awas Cat Basah. Jurnal Audiens, 1(2). https://doi.org/10.18196/ja.12020

Mubarok, I. (2013). Male Gaze Dalam Film The Handmaiden. Integration of Climate Protection and Cultural Heritage: Aspects in Policy and Development Plans. Free and Hanseatic City of Hamburg, 26(4), 1–37.

Mulyaden, A. (2021). Kajian Semiotika Roland Barthes terhadap Simbol Perempuan dalam Al-Qur’an. Hanifiya: Jurnal Studi Agama-Agama, 4(2). https://doi.org/10.15575/hanifiya.v4i2.13540

Munfarida, E. (2009). Kritik Wacana Seksualitas Perempuan. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 4(1).

Muslimah, T. A., Putra, P. S., & Deinarvi, T. N. (2022). Eksploitasi Tubuh Perempuan dalam Iklan Obat Perkasa Versi Miss Lorenxo. Jurnal Audiens, 3(4). https://doi.org/10.18196/jas.v3i4.14534

Nurharjadmo, W. (1999). Seksualitas Anak Jalanan. Pusat Penelitian Kependudukan.

Pah, J. J. (2018). Mitos Seksualitas Dalam Iklan. Nyimak (Journal of Communication), 2(1). https://doi.org/10.31000/nyimak.v2i1.723

Pujiati, T. (2015). Analisis Semiotika Struktural pada Iklan Top Coffe. Jurnal Sasindo UNPAM, 3(3).

Rukiah, Y. (2017). Citra (Image) Perempuan sebagai Objek Seksualitas dalam Iklan Studi Kasus Iklan Axe. Magenta| Official Journal STMK Trisakti, 1(02).

Siswanti, R., Sunarto, & Yusrina, A. (2022). Representasi Objektifikasi Seksualitas Wanita Pada Iklan Kondom Sutra Versi “Mantap –Mantap Makin Mesra” Di Antv Pada Pukul 02.00 WIB Malam. Interaksi Online, 10(4), 113–120.

Storey, J. (Ed. . (1994). Cultural Theory and Cultural Culture: A Reader. Harvester Heatsheaf.

Sukyadi, D. (2013). Dampak Pemikiran Saussure Bagi Perkembangan Linguistik Dan Disiplin Ilmu Lainnya. Parole, 3(2).

Viqri, M. (2022). Representasi Objektifikasi Tubuh Perempuan Dalam Video Klip (Analisis Semiotika John Fiske Pada Video Klip (G)I-DLE – Nxde, Stellar – Marionette dan AOA – Miniskirt. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(8), 3958–3967.

Webb, J. (2012). Understanding Representation. In Understanding Representation. https://doi.org/10.4135/9781446213131

Widjanarko, K. I. W. (2023). Representasi Perempuan Dalam Lirik Lagu Album T.R.I.A.D Karya Ahmad Dhani (Kajian: Analisis Wacana Kritis Sara Mills). Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1). https://doi.org/10.31943/bi.v8i1.357