Strategi Komunikasi Temanggung TV dalam Mempertahankan Eksistensinya di Era Digital
Main Article Content
Abstract
Tujuan dilakukanya penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang bagaimana strategi komunikasi Temanggung TV dalam mempertahankan eksistensinya di era digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik deskriptif analisis, yaitu penelitian yang bertujuan untuk memahami fenomena dan topik penelitian yang dipilih. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dengan cara wawancara serta observasi langsung kepada pihak informan. Data sekunder diperoleh dari keterangan atau sumber yang relavan. Penelitian ini menggunakan teori ekologi media, merupakan ilmu yang mempelajari keterkaitan antara media dan lingkungan yang menopang keberadaannya. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan Temanggung TV guna mempertahankan eksistensinya sebagai televisi lokal di era digital adalah dengan terus mengikuti perkembangan teknologi seperti dengan memanfaatkan media lain yaitu media sosial seperti YouTube, Instagram, dan Facebook. Temanggung TV juga mengandalkan konten digital yang kreatif agar tidak tertinggal dalam perkembangan budaya dan perilaku konsumsi masyarakat dalam mengkonsumsi sebuah konten.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Audiens as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Authors should sign Copyright Transfer Agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Audiens prior to the publication. Jurnal Audiens strive to ensure that no errors occur in the articles that have been published, both data errors and statements in the article.
Jurnal Audiens keep the rights to articles that have been published. Authors are allowed to use their works for any purposes deemed necessary without written permission from Jurnal Audiens with an acknowledgment of initial publication in this journal.
License
All articles published in Jurnal Audiens are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA) license. You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms. Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
References
Aprilia. (2016). Instagram Sebagai Ajang Eksistensi Diri Studi Fenomenologi Mengenai Pengguna Instagram Sebagai Ajang Eksistensi Diri pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Unpase. Jurnal Repository Unpas, 15–41. http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12619
Ardiyanti, H. (2011). Konsep dan Regulasi TV Lokal Dalam Kerangka Penguatan Budaya Lokal. Politica, 2(2), 323–340.
Imroni Yusuf, M. (2022). Eksistensi Televisi Lokal Di Tengah Era Konvergensi Media Digital (Studi kasus pada pengelolaan konten siaran dan SDM di Jawa Timur Televisi (JTV) Jember. Articlesl. http://digilib.uinkhas.ac.id/12184/
Kusuma, Y. (2021). Pentingnya Strategi Komunikasi Dalam Berkomunikasi. Journal: Sudut Pandang, 2(1), 1–5.
Maryani, E., Wibowo, S. K. A., & Ratmita, R. A. (2021). Keberlangsungan MQ TV sebagai media lokal nonjaringan di Bandung, Indonesia. Jurnal Manajemen Komunikasi, 6(1), 122. https://doi.org/10.24198/jmk.v6i1.35652
Mubarok, M., & Adnjani, M. D. (2020). Kesiapan Industri TV Lokal di Jawa Tengah Menuju Migrasi Penyiaran dari Analog ke Digital. In Communicare : Journal of Communication Studies (Vol. 7, Issue 1, p. 18). https://doi.org/10.37535/101007120202
Pamungkas, A. T. (2022). Strategi Bersaing Stasiun Jaringan NET TV Yogyakarta di Era Digital. Jurnal Komunikasi, 17(1), 117–136. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol17.iss1.art8
Prayogo, M. D., & Agustin, E. N. (2023). TRANSFROMASI STRATEGI MEDIA TELEVISI LOKAL JTV SURABAYA DI ERA DIGITALISASI DAN KONVERGENSI MEDIA. RELASI: Jurnal Penelitian Komunikasi (e-ISSN: 2807-6818), 3(03), 54-59., 01(04), 1–23.
Saragih, K. R. M., Purba, F., & Sipayung, T. (2021). Strategi Komunikasi Penyiar Radio KARINA Pematangsiantar Dalam Program Nostalgia. Manajemen: Jurnal Ekonomi, 3(2), 187-195., 3(2), 187–195. https://doi.org/10.36985/manajemen.v3i2.132
Satira, U., & Hidriani, R. (2021). Peran Penting Public Relations Di Era Digital. Sadida: Islamic Communications Media Studies, 1(1), 179–202.
Setiawan, Y. L., Nasir, J., Ariyati, Y., & Wahyudi, T. D. (2023). Strategi Komunikasi Inews Tv Padang Dalam Mempertahankan Eksistensi Diera Digital. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 8(1), 49–65.
Suryantara, I. M. P., Hariani, F., & Rahmat, L. A. (2022). Strategi Lombok Tv Dalam Eksistensinya Sebagai Televisi Lokal Di Mataram. Widya Sandhi: Jurnal Kajian Agama, Sosial Dan Budaya, 13(1), 51–59. https://doi.org/10.53977/ws.v13i1.512
Wahyuni, N. A. (2018). STRATEGI SRIWIJAYA TV DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA SEBAGAI TELEVISI LOKAL SKRIPSI. (Doctoral Dissertation, UIN RADEN FATAH PALEMBANG), 372(2), 2499–2508.