Politik Identitas dalam Kampanye Politik Ganjar Pranowo Menjelang Pilpres 2024

Main Article Content

Anggita Cahya Rosdiana
Annis Azhar Suryaningtyas

Abstract

Politik identitas mengacu pada strategi politik yang berfokus pada identitas kelompok tertentu seperti ras, agama, etnis, gender, orientasi seksual, atau karaketristik lainnya. Dalam konteks pemilihan presiden melibatkan strategi politik yang mencoba menggerakan dan memobilisasi dukungan dari berbagai kelompok identitas. Pemilihan presiden 2024 di Indonesia menjadi fokus perhatian publik nasional. Namun, problem yang terjadi menjelang pilpres yakni adanya politik identitas dalam kampanye yang dilakukan oleh salah satu calon presiden yakni Ganjar Pranowo. Penelitian ini bertujuan menganalisis politik identitas menggunakan teori politik identitas Castells dalam kampanye politik yang dilakukan Ganjar Pranowo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, penelitian dilakukan dengan analisis konten yakni mengamati dan memahami beberapa politik identitas yang dilakukan Ganjar di media sosial. Hasil penelitian menunjukkan Ganjar Pranowo memanfaatkan berbagai strategi politik identitas dengan tujuan membangun citra positif, Ganjar berupaya melegitimasi identitas sebagai tokoh yang religius dengan muncul dalam tayangan adzan, keikutsertaannya di acara hiburan  MasterChef Indonesia menimbulkan pertanyaan dibalik motif keikutsertaannya, sehingga dianggap sebagai kampanye politik yang menunjukkan elemen resistensi identitas, proyek identitas dilakukan Ganjar melalui berbagai postingan di media sosial, termasuk momen sholat dan kunjungan ke pesantren, bertujuan untuk menciptakan citra politik sebagai tokoh agama yang kuat, serta mendapatkan dukungan dari kelompok agama.

Article Details

How to Cite
Rosdiana, A. C., & Annis Azhar Suryaningtyas. (2024). Politik Identitas dalam Kampanye Politik Ganjar Pranowo Menjelang Pilpres 2024. Jurnal Audiens, 5(1), 77–90. https://doi.org/10.18196/jas.v5i1.336
Section
Articles

References

ATCH. (2023). Adzan Maghrib MNCTV Terbaru 2023. Indonesia. https://doi.org/https://youtu.be/49vkqKX_rWo?si=kvGJe3FjFe80N8yM

Barizky, J. V. (2023). Kontroversi Ganjar Pranowo Hadir di Grand Final MasterChef Season 11, Warganet Nyinyir Politik Ikut Masuk ke MCI Juga? AYOJAKARTA.COM, pp. 1–2. https://doi.org/https://www.ayojakarta.com/viral/7611007844/kontroversi-ganjar-pranowo-hadir-di-grand-final-masterchef-season-11-warganet-nyinyir-politik-ikut-masuk-ke-mci-juga

Buchari, S. A. (2014). Kebangkitan Etnis Menuju Politik Identitas (pertama: A; A. Bainus, ed.). Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia anggota IKAPI DKI Jakarta. https://doi.org/716.30.22.2012

Chandra, A. G. (2019). Pesan Moral Dalam Tayangan Adzan Maghrib Di Rcti. Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 4(1), 83. https://doi.org/10.29240/jdk.v4i1.885

Damayanti, N., & Hamzah, R. E. (2017). Strategi Kampanye Politik Pasangan Jokowi-Jk Pada Politik Pemilihan Presiden 2014. WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 16(2), 279. https://doi.org/10.32509/wacana.v16i2.52

Dauly, S. M., Kusmanto, H., & Kadir, A. (2019). Politik Identitas Pada Pemilihan Gubernur Sumatera Utara tahun 2018. Jurnal Administrasi Publik : Public Administration Journal, 9(1), 51. https://doi.org/10.31289/jap.v9i1.2230

Dimiyati, S. M. A. B. (2018). Pengaruh Tayangan Adzan Maghrib Terhadap Ketepatan Waktu Sholat Terhadap Ibu-Ibu Masyarakat Dukuh Bojong Desa Kalibuntu Kec Losari Kab Brebes Sri Mega Dimiyati 1 , Abdul Basith 2(*). Orasi Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 9(1), 65–78.

Faraidiany, M., Kusmanto, H., & Warjio, W. (2019). Politik Identitas dalam Iklan Politik pada Pemilihan Kepala Daerah Sumatera Utara 2018. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 11(1), 113. https://doi.org/10.24114/jupiis.v11i1.12310

Fatimah, S. (2018). Kampanye sebagai Komunikasi Politik: Esensi dan Strategi dalam Pemilu. Resolusi: Jurnal Sosial Politik, 1(1), 5–16. https://doi.org/10.32699/resolusi.v1i1.154

Fautanu, I., M, B., & Gunawan, H. (2020). Politik Identitas dalam Pilkada DKI Jakarta Tahun 2017: Perspektif Pemikiran Politik Nurcholish Madjid. Politicon : Jurnal Ilmu Politik, 2(2), 87–112. https://doi.org/10.15575/politicon.v2i2.8146

Fida, I. A. (2014). Ulama dan Politik: Mengurai Peran Ulama dalam Politik Era Modern. Academia.Edu, (April).

Fitriansyah, F. (2018). Efek Komunikasi Massa Pada Khalayak (Studi Deskriptif Penggunaan Media Sosial dalam Membentuk Perilaku Remaja). Cakrawala, 18(2), 171–178. https://doi.org/10.31294/jc.v18i2

Habibi, M. (2017). Identity Politics in Indonesia. Universitas Mulawarman, Samarinda, 1(March), 1–23. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.16590.66887

Huda, S. (2021). ULAMA PEWARIS PARA NABI. Al-Hikmah: Jurnal Studi Agama-Agama, 7(2), 155–171. https://doi.org/https://doi.org/10.30651/ah.v7i2.10674

Isyan, S. Al. (2023). Hadirnya Ganjar Pranowo di Grand Final MasterChef Indonesia Season 11 Dinilai Cari Suara, Netizen: Emang Membagongkan! AYOJAKARTA.COM, p. 2. https://doi.org/https://www.ayojakarta.com/news/7611011641/hadirnya-ganjar-pranowo-di-grand-final-masterchef-indonesia-season-11-dinilai-cari-suara-netizen-emang-membagongkan?page=2

Juwita, R. (2017). MEDIA SOSIAL DAN PERKEMBANGAN KOMUNIKASI KORPORAT SOCIAL MEDIA AND DEVELOPMENT OF CORPORATE. Jurnal Penelitian Komunikasi, 20(1), 47–60. https://doi.org/10.20422/jpk.v20i1.136

Maryam, S. (2018). SHALAT DALAM PERSPEKTIF IMAM AL-GHAZALI ( KAJIAN SUFISTIK ) SHALAT BASED ON IMAM AL GHAZALI ’ S PERSPECTIVE. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 1(2), 106–113. Retrieved from jurnal.alhamidiyah.ac.id

Matasari, B. (2021). Pengaruh Tayangan Adzan Maghrib di Televisi Terhadap Pelaksanaan Ibadah Sholat pada Masyarakat Cempaka Putih Ciputat Timur Tangerang Selatan. Skripsi, Fakultas Ilmu Dakwah Dan Ilmu Komunikasi.

Nasution, N. A. (2020). Lembaga Pendidikan Islam Pesantren. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 5(1), 36–52. https://doi.org/: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v5i1.36-52

Ningsih, G. W. (2021). Profil dan Biografi Lengkap Habib Novel Alaydrus, Kelahiran, Pendidikan, hingga Nasab. In pikiran rakyat media network (pp. 1–3). Retrieved from https://portaljember.pikiran-rakyat.com/hiburan/pr-162995166/profil-dan-biografi-lengkap-habib-novel-alaydrus-kelahiran-pendidikan-hingga-nasab?page=3

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Solo Cakra Book, 1(1), 305. Retrieved from http://e-journal.usd.ac.id/index.php/LLT%0Ahttp://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/11345/10753%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.758%0Awww.iosrjournals.org

Rafiq, A. (2020). DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL SUATU MASYARAKAT. Global Komunika, Vol. 3 No., 18–29. https://doi.org/https://doi.org/10.33822/gk.v3i1.1704

Setiana, N. (2020). Pudarnya Pesona Bahasa Indonesia di Media Sosial ( Sebuah Kajian Sosiolinguistik Penggunaan Bahasa Indonesia ). Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4(1), 1–12. Retrieved from https://doi.org/10.30651/lf.v4i1.4314

Siregar, M. H., & Nasution, M. A. (2022). Politicize Religion on Eramas Winning Campaign in the North Sumatra Governor Election in 2018. 11(1), 1–7. https://doi.org/10.31289/perspektif.v11i1.4727

Slamet, A. (2018). Identitas Politik dalam Komunikasi Politik Calon Gubernur Jawa Barat Tahun 2018. Retrieved from http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=sph&AN=119374333&site=ehost-live&scope=site%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.neuron.2018.07.032%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.tics.2017.03.010%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.neuron.2018.08.006

Suhenda, D. (2023). Ganjar Criticized for “Adzan” Video. TheJakartaPost Still Bold, Fiercely Independent. Retrieved from https://www.thejakartapost.com/opinion/2023/11/11/let-the-games-begin.html

Triantoro, D. A. (2019). Praktik Politik Identitas dalam Akun Media Sosial Anies-Sandi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 16(1), 19–40. https://doi.org/https://doi.org/10.24002/jik.v16i1.1495

Yeni Sri Lestari. (2018). Politik Identitas Di Indonesia: Antara Nasionalisme Dan Agama. Journal of Politics and Policy, 1(1), 12. Retrieved from https://jppol.ub.ac.id/index.php/jppol/article/view/4