Fenomena Buzzer dan Pengaruhnya dalam Proses Pesta Demokrasi di Indonesia Tahun 2024

Main Article Content

Khoerunnisa

Abstract

Fungsi buzzer dalam membentuk opini publik selama kampanye politik telah mendapat banyak perhatian di seluruh dunia. Banyak para politisi sampai ke partai politik menggunakan buzzer menghasilkan opini publik dan dukungan bagi calon pemimpin. Buzzer di Indonesia memiliki kecenderungan untuk mempublikasikan konten yang salah dan disinformasi dengan menggunakan akun palsu yang diperasikan oleh orang – orang dan robot dalam jumlah besar. Pesan dikeluarkan oleh buzzer dapat menyebabkan sebuah opini atau topik menjadi tren di media sosial. Artikel ini akan mengelaborasikan peran buzzer dalam pembentukan opini publik di media sosial dengan teori ekonomi politik kemudian pengaruhnya terhadap kondisi komunikasi. Penulis menggunakan data dengan penelitian terdahulu untuk menjadi sumber referensi dan juga menggunakan social network analytic SNA dari Netlytc.rg dalamanalisis fenomena buzzer dan dampaknya terhadap kancah politik Indonesia.

Article Details

How to Cite
Khoerunnisa. (2024). Fenomena Buzzer dan Pengaruhnya dalam Proses Pesta Demokrasi di Indonesia Tahun 2024. Jurnal Audiens, 5(1), 91–100. https://doi.org/10.18196/jas.v5i1.341
Section
Articles

References

Abbiyyu, M. D., & Nindyaswari, D. A. (2022). Penggunaan Buzzer dalam Hegemoni Pemerintahan Joko Widodo. Langgas: Jurnal Studi Pembangunan, 1(2), 70–81. https://doi.org/10.32734/ljsp.v1i2.9136

Akmaliah, W. (2018). Bukan Sekedar Penggaung (Buzzers): Media Sosial dan Transformasi Arena Politik. Maarif, 13(1), 9–25. https://doi.org/10.47651/mrf.v13i1.9

Anugerah, B. (2021). Urgensi Pengelolaan Pendengung (Buzzer) Melalui Kebijakan Publik Guna Mendukung Stabilitas Politik di Indonesia The Urgency of Buzzer Management through a Public Policy in Order to Support the Political Stability in Indonesia. Jurnal Kajian Lembaga Ketahanan Nasional Indonesia, 8(3), 391–407.

Ariska, Y., Syaefudin, & Rosmaniah. (2021). Komodifikasi ODGJ pada Kanal Youtube dalam Perspektif Ekonomi Politik di Media Baru. Jurnal Ilmu Komuikasi, 8(1), 65–76.

Bradshaw, S., & Howard, P. N. (2019). The Global Disinformation Disorder: 2019 Global Inventory of Organised Social Media Manipulation. Working Paper 2019.2. Oxford, UK: Project on Computational Propaganda.

Faulina, A., Chatra, E., & Sarmiati, S. (2020). Peran buzzer dan konstruksi pesan viral dalam proses pembentukan opini publik di new media. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(1), 1. https://doi.org/10.29210/30031390000

Istiani, N., & Islamy, A. (2020). Fikih Media Sosial Di Indonesia. Asy Syar’Iyyah: Jurnal Ilmu Syari’Ah Dan Perbankan Islam, 5(2), 202–225. https://doi.org/10.32923/asy.v5i2.1586

Maualana, H. F., & Hastuti, H. (2022). Peran Buzzer Politik Dalam Pembentukan Opini Publik Dukung Anies Baswedan Di Sosial Media Twitter. Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik Dan Komunikasi Bisnis, 6(1), 111. https://doi.org/10.24853/pk.6.1.111-122

Mustika, R. (2019). Pergeseran Peran Buzzer Ke Dunia Politik Di Media Sosial. Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 2(2), 144–151. https://doi.org/10.17933/diakom.v2i2.60

Perdana, D. D. (2017). KOMODIFIKASI DALAM TAYANGAN TELEVISI (Kajian Terhadap Program Indonesian Idol 2014). Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 4(1). https://doi.org/10.37676/professional.v4i1.446

Rudi Trianto. (2023). Buzzer sebagai Komunikator Politik. An-Nida’ : Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 11(2), 74–97. https://doi.org/10.61088/annida.v11i2.562

Saraswati, M. S. (2018). Social Media and the Political Campaign Industry in Indonesia. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.25008/jkiski.v3i1.124

Sugiono, S. (2020). Fenomena Industri Buzzer Di Indonesia: Sebuah Kajian Ekonomi Politik Media. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 47–66. https://doi.org/10.15575/cjik.v4i1.7250

Syahputra, I. (2017). Demokrasi Virtual Dan Perang Siber Di Media Sosial: Perspektif Netizen Indonesia [Virtual Democracy and Cyber War on Social Media: The Perspective of Indonesian Netizens]. Jurnal ASPIKOM, 3(3), 457.

Teguh Priyo Sadono, F. F. (2015). Pemberitaan Bergabungnya Hary Tanoesoedibjo Ke Partai Hanura (Analisis Ekonomi Politik Media Dalam Framing Portal Online Okezone.com dan Metrotvnews.com). Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, vol 1, No. https://journal.ubm.ac.id/index.php/bricolage/article/view/1635