Pemanfaatan Aplikasi WargaKu Sebagai Praktek Digitalisasi Public Relations Pemerintah Kota Surabaya

Main Article Content

Marco Nugroho Budiman

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pemerintah Kota Surabaya memanfaatkan aplikasi WargaKu sebagai media terkini dari aktivitas Digital PubliC Relations. Aktivitas public relations pun turut berubah seiring digitalisasi saat ini. Digital Public Relations adalah inisiatif dari perkembangan Public Relations. Hanya saja media internet menjadi sarana publisitasnya. Tentu aktivitas Digital Public Relations tak akan pernah muncul tanpa adanya media terkini. Media terkini (new media) yang menjadi pembawa banyaknya pekerjaan baru. Kehadirannya mampu mengkonvergensi media dari media lama (tradisional) dengan media terkini (new media). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualititatif deskriptif. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah aplikasi WargaKu adalah layanan publik berkualitas baik secara tangibel, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy yang menjadi media terkini dari Digital Public Relations Pemerintah Kota Surabaya.

Article Details

How to Cite
Budiman, M. N. (2024). Pemanfaatan Aplikasi WargaKu Sebagai Praktek Digitalisasi Public Relations Pemerintah Kota Surabaya. Jurnal Audiens, 5(1), 101–113. https://doi.org/10.18196/jas.v5i1.345
Section
Articles
Author Biography

Marco Nugroho Budiman, S2 Media dan Komunikasi FISIP Universitas Airlangga, Surabaya

Mahasiswa S2 Media dan Komunikasi FISIP jurusan Komunikasi Korporat Universitas Airlangga Surabaya. Dan seorang Lulusan S1 Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya

References

Aaker, David. (1991). Managing Brand Equity; Capitalizing on the Value of Brand Name, Free Press. New York.

Ardianto, E. (2011). Handbook of Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. Arikunto, S. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: RinekaCipta.

Asep Bidin (2020). Media Online Dan Kerja Digital Public Relations Politik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Azhari, S., & Ardiansah, I. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Sosial TikTok Sebagai Platform Pemasaran Digital Produk Olahan Buah Frutivez (@ hellofrutivez ) Effectiveness the Use of TikTok Social Media as Digital Marketing Platform on Processed Fruit Product Frutivez (@ hellofrutivez ). JUSTIN (Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi), 10(1), 222–229. Cutlip, S., Center, A., & Broom, G. (2006). Effective Public Relationss (Ed.8.). Upper Saddle

River, New Jersey: Prentice Hall.

Keller, K.L. (2003). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. New Jersey: Pearson Education International.

Kriyantono, R (2014). Public Relations, Issue & Crisis Management. Pendekatan Critical Public Relation, Etnografi Kritis & Kualitatif. Jakarta : Prenada Media Kencana

Kusumaningtyas (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Praktik Public Relations Digital Di Satuan Polisi Pamong Praja Kota Surabaya. Skripsi thesis. Universitas Airlangga. Surabaya McClelland, David C. 1987. Memacu Masyarakat Berprestasi: Mempercepat Laju Pertumbuhan Ekonomi Melalui Peningkatan Motif Berprestasi. Terjemahan Siswo Suyanto dan W. B.

Wihelminus. Jakarta:Intermedia

Satria Wira., Rayhan A., Faisal G (2023). Model Produksi Konten TikTok untuk Promosi Produk @silverfank. Jurnal Audiens. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Stromback, J., Kiousis, S. (2011). Political Public Relations: Principles and Applications. New York: Routledge.

Surabaya.go.id, (2021, Januari 29). SELAMA 2021, APLIKASI WARGAKU SURABAYA SUDAH TERIMA 11.316 PENGADUAN.

Suryani (2021, Mei 31). Aplikasi WargaKu, Layanan Pengaduan Digital Pemkot Surabaya. Onggo, B.J. (2004) Cyber Public Relations. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia