Analisis Framing Pemberitaan di Tutupnya TikTok Shop oleh Pemerintah di Media Kompas dan Republika Tahun 2023

Main Article Content

Heru Firmansyah
Ahmad Muntaha

Abstract

Keputusan pemerintah menutup Tik Tok Shop berpotensi berdampak signifikan pada perekonomian lokal dan memicu perdebatan antara pendukung dan penentang. Media, melalui proses framing, memainkan peran penting dalam membentuk persepsi masyarakat terhadap isu ini. Memahami bagaimana media Kompas dan Republika membingkai penutupan Tik Tok Shop menjadi kunci untuk mengevaluasi kontribusi mereka terhadap wacana publik. Tujuan dari  penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana media online kompas dan republika dalam membingkai sebuah berita. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif,  Hasil yang di dapat dalam penelitian ini adalah bahwa Kompas tidak hanya membingkai berita sebagai sumber informasi, tetapi juga terlibat aktif dalam membentuk pemahaman dan perspektif pembaca melalui penyampaian berita yang melibatkan analisis dan pandangan yang lebih luas, sedangkan Media  Republika membingkai berita mengenai penutupan TikTok Shop dengan memperlihatkan pemahaman mendalam terhadap kompleksitas isu tersebut. Kesimpulannya, kedua media memberikan analisis mendalam tentang penutupan TikTok Shop, menunjukkan sifat yang kompleks dari isu tersebut, dan menyajikan beragam pandangan mengenai penyebabnya, implikasi moral, dan solusi potensial.

Article Details

How to Cite
Heru Firmansyah, & Ahmad Muntaha. (2024). Analisis Framing Pemberitaan di Tutupnya TikTok Shop oleh Pemerintah di Media Kompas dan Republika Tahun 2023. Jurnal Audiens, 5(1), 114–126. https://doi.org/10.18196/jas.v5i1.346
Section
Articles

References

Ini Alasan Kenapa Tik Tok Shop Ditutup 4 Oktober 2023 Pukul 17.00 WIB www.ojk.go.id. https://www.liputan6.com/tekno/read/5414611/ini-alasan-kenapa-Tik Tok-shop-ditutup-4-oktober-2023-pukul-1700-wib?page=4Diakses pada tanggal 10 Oktober 2023.

Media. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) https://kbbi.web.id/media Diakses pada tanggal 28 oktober 2023.

Industri. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) https://kbbi.web.id/industri Diakses pada tanggal 28 oktober 2023.

Memetakan Lanskap Industri Media Kontemporer di Indonesia http://cipg.or.id/wp-content/uploads/2015/06/MEDIA-2-Industri-Media-2012.pdf Diakses pada tanggal 28 oktober 2023.

Conney Stephanie, "Apa Itu Tik Tok Shop dan Cara Menggunakannya", https://tekno.kompas.com/read/2021/09/15/13260037/apa-itu-Tik Tok-shop-dan-cara Diakses pada tanggal 28 oktober 2023.

Komunikasi Praktis. Metode Kipling 5W1H Memudahkan Wartawan Menulis Berita .https://www.komunikasipraktis.com/2022/03/metode-kipling-5w1h-memudahkan-wartawan.html?m=1Diakses pada tanggal 28 oktober 2023.

Sofaer, S. (1999). Qualitative methods: what are they and why use them? Health

Services Research.

Prof. Dr. Sugiyono, (2014).Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung:Alfabeta,

Nazir, Moh (2013). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Azhar Arsyad (2002), Media Pembelajaran, Cet. III. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,

Neal , James M. dan Suzzane S. Brown (1976), News Writing and Reporting. Ames Lowa : Lowa state University Press

Abdurrahman Fatoni, (2011). Metodologi Penelitian dan Teknik Penyususna Skripsi Jakarta: Rineka Cipta.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain (2002), Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta,

Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencan

Asep Syamsul M. Romli (2003), Jurnalistik Praktis untuk Pemula, Bandung, Pt. Remaja Rodakarya, Edisi Revis

Septiawan. Santana (2005), Jurnalisme Kontemporer, akarta : Yayasan Obor Indonesia.

Hening,Widi Oetomo (2020), E-E- Commerce Aplikasi PHP dan MySQL pada Bidang Manajemen: Program Studi S-1 Manajemen Tahun Ajaran 2019/2020, Yogyakarta: Penerbit Andi.

Nana Sudjana (1989), Penelitian dan Penilaian.Bandung: Sinar Baru.

Prof. Dr. Sugiyono (2015)., Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta

Alex, Sobur. (2012). Analisis Teks Media massa, Jakarta: PT Remaja Rosda Karya.