Analisis Framing Pemberitaan di Tutupnya TikTok Shop oleh Pemerintah di Media Kompas dan Republika Tahun 2023
Main Article Content
Abstract
Keputusan pemerintah menutup Tik Tok Shop berpotensi berdampak signifikan pada perekonomian lokal dan memicu perdebatan antara pendukung dan penentang. Media, melalui proses framing, memainkan peran penting dalam membentuk persepsi masyarakat terhadap isu ini. Memahami bagaimana media Kompas dan Republika membingkai penutupan Tik Tok Shop menjadi kunci untuk mengevaluasi kontribusi mereka terhadap wacana publik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana media online kompas dan republika dalam membingkai sebuah berita. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, Hasil yang di dapat dalam penelitian ini adalah bahwa Kompas tidak hanya membingkai berita sebagai sumber informasi, tetapi juga terlibat aktif dalam membentuk pemahaman dan perspektif pembaca melalui penyampaian berita yang melibatkan analisis dan pandangan yang lebih luas, sedangkan Media Republika membingkai berita mengenai penutupan TikTok Shop dengan memperlihatkan pemahaman mendalam terhadap kompleksitas isu tersebut. Kesimpulannya, kedua media memberikan analisis mendalam tentang penutupan TikTok Shop, menunjukkan sifat yang kompleks dari isu tersebut, dan menyajikan beragam pandangan mengenai penyebabnya, implikasi moral, dan solusi potensial.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Audiens as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Authors should sign Copyright Transfer Agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Audiens prior to the publication. Jurnal Audiens strive to ensure that no errors occur in the articles that have been published, both data errors and statements in the article.
Jurnal Audiens keep the rights to articles that have been published. Authors are allowed to use their works for any purposes deemed necessary without written permission from Jurnal Audiens with an acknowledgment of initial publication in this journal.
License
All articles published in Jurnal Audiens are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA) license. You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms. Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
References
Ini Alasan Kenapa Tik Tok Shop Ditutup 4 Oktober 2023 Pukul 17.00 WIB www.ojk.go.id. https://www.liputan6.com/tekno/read/5414611/ini-alasan-kenapa-Tik Tok-shop-ditutup-4-oktober-2023-pukul-1700-wib?page=4Diakses pada tanggal 10 Oktober 2023.
Media. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) https://kbbi.web.id/media Diakses pada tanggal 28 oktober 2023.
Industri. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) https://kbbi.web.id/industri Diakses pada tanggal 28 oktober 2023.
Memetakan Lanskap Industri Media Kontemporer di Indonesia http://cipg.or.id/wp-content/uploads/2015/06/MEDIA-2-Industri-Media-2012.pdf Diakses pada tanggal 28 oktober 2023.
Conney Stephanie, "Apa Itu Tik Tok Shop dan Cara Menggunakannya", https://tekno.kompas.com/read/2021/09/15/13260037/apa-itu-Tik Tok-shop-dan-cara Diakses pada tanggal 28 oktober 2023.
Komunikasi Praktis. Metode Kipling 5W1H Memudahkan Wartawan Menulis Berita .https://www.komunikasipraktis.com/2022/03/metode-kipling-5w1h-memudahkan-wartawan.html?m=1Diakses pada tanggal 28 oktober 2023.
Sofaer, S. (1999). Qualitative methods: what are they and why use them? Health
Services Research.
Prof. Dr. Sugiyono, (2014).Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung:Alfabeta,
Nazir, Moh (2013). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Azhar Arsyad (2002), Media Pembelajaran, Cet. III. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,
Neal , James M. dan Suzzane S. Brown (1976), News Writing and Reporting. Ames Lowa : Lowa state University Press
Abdurrahman Fatoni, (2011). Metodologi Penelitian dan Teknik Penyususna Skripsi Jakarta: Rineka Cipta.
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain (2002), Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta,
Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencan
Asep Syamsul M. Romli (2003), Jurnalistik Praktis untuk Pemula, Bandung, Pt. Remaja Rodakarya, Edisi Revis
Septiawan. Santana (2005), Jurnalisme Kontemporer, akarta : Yayasan Obor Indonesia.
Hening,Widi Oetomo (2020), E-E- Commerce Aplikasi PHP dan MySQL pada Bidang Manajemen: Program Studi S-1 Manajemen Tahun Ajaran 2019/2020, Yogyakarta: Penerbit Andi.
Nana Sudjana (1989), Penelitian dan Penilaian.Bandung: Sinar Baru.
Prof. Dr. Sugiyono (2015)., Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta
Alex, Sobur. (2012). Analisis Teks Media massa, Jakarta: PT Remaja Rosda Karya.