Pemilihan Media Sosial Dalam Pemenuhan Informasi Memilih Perguruan Tinggi

Main Article Content

Elsie Oktivera
FA. Wisnu Wirawan
Amelia Surya Jaya

Abstract

Media sosial menjadi sumber informasi yang lebih disukai karena ketersediaan dan kemampuannya dalam memberikan informasi yang cepat. Selain itu, media sosial juga mudah diakses. Media sosial juga memudahkan pengguna untuk berinteraksi satu sama lain. Mayoritas masyarakat Indonesia lebih memilih untuk mencari informasi di media sosial daripada media lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemenuhan kebutuhan dan pencarian informasi pendidikan tinggi atau perguruan tinggi di media sosial terhadap pengambilan keputusan untuk memilihnya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Uses and Gratification. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability samplingdengan teknik purposive sampling sebanyak 100 responden. Responden adalah siswa SMA di wilayah DKI Jakarta dan Bekasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa informasi akademik dan non-akademik sebuah perguruan tinggi di media sosialnya dapat mempengaruhi 55 persen responden untuk memilih perguruan tinggi tersebut sebagai tempat melanjutkan studi.

Article Details

How to Cite
Elsie Oktivera, FA. Wisnu Wirawan, & Amelia Surya Jaya. (2024). Pemilihan Media Sosial Dalam Pemenuhan Informasi Memilih Perguruan Tinggi. Jurnal Audiens, 5(1), 127–139. https://doi.org/10.18196/jas.v5i1.347
Section
Articles

References

Andriani, A. E., & Sulistyorini, R. (2022). Penggunaan Media Sosial di Kalangan Mahasiswa selama Pandemi COVID-19. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 63-70.

Annur, C. M. (2023, Maret 1). Jumlah Perguruan Tinggi di Indonesia Capai 3.107 Unit pada 2022, Mayoritas dari Swasta. Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia.

Annur, C. M. (2023, Mei 30). Media Sosial, Sumber Informasi Utama Masyarakat Indonesia. Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia.

Aulia’ul Haque, S., Ramadhan, A. G., & Matulessy, A. (2021). Interaksi Sosial dengan Adiksi Media Sosial pada Mahasiswa. Jurnal Fenomena, 39-45.

Azahra, N. A., & Hasbiansyah, O. (2021). Hubungan Penggunaan Media Sosial dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Masyarakat. Prosiding Manajemen Komunikasi (pp. 311-315). Bandung: Prodi Manajemen Komunikasi.

Hanifah, I. (2021). Motif, Pola Penggunaan dan Kepuasan Menggunakan Media. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Haryanto, A. T. (2023, February 22). Jumlah Pengguna Internet RI Tembus 212,9 Juta di Awal 2023. Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia.

Hasgimianti, Habibah, S., Alfiah, & Purnama, D. B. (2022). Tingkat Adiksi Penggunaan Media Sosial Remaja: Studi Deskriptif. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 106-113.

Hawkins, D. I., & Mothersbaugh, D. L. (2010). Consumer behavior: Building Marketing Strategy, 11th Edition. New York: Mc Graw Hill/Irwin.

Ismail, F. F., & Sudarmadi, D. (2019). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi dan Pengendalian Internal terhadap Kinerja Karyawan PT Beton Elemen Persada . JASa (Jurnal Akuntansi, Audit dan Sistem Informasi Akuntansi), 1-13.

Karman. (2013). Riset Penggunaan Media dan Perkembangannya Kini. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 93-111.

Karunia, H. H., Ashri, N., & Irwansyah. (2021). Fenomena Penggunaan Media Sosial: Studi Pada Teori Uses and Gratification. Jurnal Teknologi dan Informasi Bisnis, 92-104.

Mananohas, A., Rachmawati, T. S., & Anwar, R. K. (2023). Penggunaan Media Sosial dalam Meningkatkan Literasi Kesehatan di 'Ayah ASI Indonesia'. Informatio: Journal of Library and Information Science, 1-16.

Mukhsin, R., Mappigau, P., & Tenriawaru, A. N. (2017 ). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Daya Tahan Hidup Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kelompok Pengolahan Hasil Perikanan di Kota Makasar. Jurnal Analisis, 188-193.

Musfialdy, & Anggraini, I. (2020). Kajian Sejarah dan Perkembangan Teori Efek Media. Jurnal Komunikasi Bisnis, 30-42.

Mustajab, R. (2023, Februari 10). WhatsApp Masih Menjadi Media Sosial Terfavorit di Indonesia. Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia.

Mutia, A. (2022, September 15). Orang Indonesia Suka Main Media Sosial, Ini Alasannya. Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia.

Oktivera, E., & Melisatinny, G. V. (2021). Stimulus Promosi Penjualan Produk Bubble Tea pada Aplikasi Digital Payment Membentuk Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis , 99-113.

Pramiyanti, A., Putir, I. P., & Nureni, R. (2014). Motif Remaja dalam Menggunakan Media Baru (Studi pada Remaja di Daerah Sub-Urban Kota Bandung). KomuniTi, 95-103.

Sako, U., & Ishak, S. (2018). Preferensi Calon Mahasiswa dan Mahasiswa dalam Memilih Perguruan Tinggi di Provinsi Gorontalo. Gorontalo: Universitas Muhammadiyah Gorontalo.

Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. Psikoborneo, 147-155.

Sitompul, P., Mahmudah, D., & Damanik, M. P. (2021). Pemanfaatan Media Sosial dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Ketenagakerjaan di Kalangan Angkatan Kerja Muda pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 203-222.

Sutrisno, A. P., & Mayangsari, I. D. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram @humasbdg Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Jurnal Common, 118-133.

Wijanarko, Y. (2021, Maret 19). Adu Tenar Perguruan Tinggi di Media Sosial dan Website, Kampusmu Masuk Daftar? Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Williams, D. L. (2013). Why People Use Social Media : A Uses and Gratifications Approach. Qualitative Market Research An International Journal, 362-369.

Wirawan, F. W., & Oktivera, E. (2022). Komunikasi Word-of-Mouth dalam Keputusan Pemilihan Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis, 219-232.

Yusuf, R. (2023, Oktober 22). Diskominfo Kaltim. Retrieved from https://diskominfo.kaltimprov.go.id/: https://diskominfo.kaltimprov.go.id/pemuda/pelajari-kuasai-kembangkan-manfaatkan-digital-untuk-datangkan-keuntungan-cuan

Zuniananta, L. E. (2021). Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Komunikasi Informasi di Perpustakaan. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 37-42.