Pengembangan Metode Komunikasi Dakwah Tabligh Komunitas Life Is Right dalam Membentuk Karakter Pancasila pada Anak
Main Article Content
Abstract
Dakwah merupakan sebuah bentuk komunikasi yang paling sederhana namun memiliki keistimewaan. Sedangkan tabligh merupakan salah satu bentuk dakwah yang berfungsi untuk mengenalkan materi atau menginternalisasi nilai Islam terhadap mad’u. dalam perkembangan ilmu pengetahuan, keilmuan yang mengkaji dakwah semakin berkembang. Sehingga, terdapat pengembangan-pengembangan dalam metodenya untuk mempermudah pesan atau materi dakwah diterima oleh mad’u, salah satunya adalah dengan memahami kondisi mad’u secara psikologi. Dalam penelitian ini berfokus pada bagaimana pengembangan metode komunikasi dakwah tabligh terhadap anak. Hal tersebut perlu dilakukan, karena anak memiliki keistimewaan secara psikologis. Sedangkan metode penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif, dengan pendekatan psikologi dan participatory action research. Dalam penelitian ini berhasil mendeskripsikan pngembangan metode komunikasi dakwah tabligh yang dilakukan komunitas Life is Right (LR) untuk mempermudah anak-anak menerima pesan atau materi yang disampaikan. Metode tersebut yaitu wayang orang, boneka tangan, drama, puzzle, dan diskusi dengan materi dakwah karakter Pancasila.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Audiens as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Authors should sign Copyright Transfer Agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Audiens prior to the publication. Jurnal Audiens strive to ensure that no errors occur in the articles that have been published, both data errors and statements in the article.
Jurnal Audiens keep the rights to articles that have been published. Authors are allowed to use their works for any purposes deemed necessary without written permission from Jurnal Audiens with an acknowledgment of initial publication in this journal.
License
All articles published in Jurnal Audiens are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA) license. You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms. Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
References
Ahmad, A. (2008). Konstruksi Keilmuan Dakwah dan Pengembangan Jurusan-Konsentrasi Studi. Walisongo.
Alifah, F. N. (2019). Pengembangan Strategi Pembelajaran Afektif. Tadrib, 5(1), 68–86. https://doi.org/10.19109/tadrib.v5i1.2587
Gunarsa, S. D. (2004). Psikologi Praktis: Anak, Remaja dan Keluarga. Gunung Mulya.
Guy, B., Feldman, T., Cain, C., Leesman, L., & Hood, C. (2020). Defining and navigating ‘action’ in a Participatory Action Research project. Educational Action Research, 28(1), 142–153. https://doi.org/10.1080/09650792.2019.1675524
Hamka. (2018). Prinsip dan Kebijksanaan Dakwah Islam. Gema Insani.
Hanyfah, S., Fernandes, G. R., & Budiarso, I. (2022). Penerapan Metode Kualitatif Deskriptif Untuk Aplikasi Pengolahan Data Pelanggan Pada Car Wash. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 6(1), 339–344. https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5697
Ibrahim, M. (2023). Communication Psychology in the Frame of Da ’ wah : Urgency and Theory. 4(4).
Kamaludin. (2015). Mengenal Mad’u dalam Perspektif Teologis, Sosiologis, Antropologis, dan Psikologis. Studi Multidisipliner, 2(1).
Kholiludin, T. (2016). Islamisme, Pos-Islamisme dan Islam Sipil: Membaca Arah Baru Gerakan Islam. Iqtisad, 3(1), 52. https://doi.org/10.31942/iq.v3i1.2460
Majid, A., & Andayani, D. (2013). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Rosdakarya.
Mukhlisin, L., Ibrahim, M., Aulia, A., Rasyid, A., Megananda, A., Sajitin, A., Komunikasi, I., & Madiun, U. M. (2023). The Urgency of Communication Psychology in Educational. 2, 25–33.
Nurdin, Z. D. C. N. D. Y. (2020). Pengaruh metode bercerita multimedia terhadap nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun di TK IT AlFikri. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 412–421.
Öztaş, A., & Mart, Ç. T. (2015). International Journal of Social Sciences & Educational Studies EDITOR-IN-CHIEF EDITORIAL ASSISTANT. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 1(4), 1–91. www.ijssesjournal.org
Pirol, A. (2018). Komunikasi dan Dakwah Islam. Deepublish.
Saputra, W. (2012). Pengantar Ilmu Dakwah (1st ed.). RajaGrafindo Persada.
Sayd, A. I., Attubel, M., & Nazarudin, H. (2018). Implementasi Metode TTR dalam Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Anak-anak Sekolah Dasar Inpres Liliba Kupang. Jurnal Bisnis & Manajemen, 3(1), 17–24.
Soetjiningsih, C. H. (2012). Seri Psikologi Perkembangan: perkembangan Anak Sejak Perubahan Hingga Kanak-kanak Akhir. Kencana.
Umro’atin, Y. (2019). Dakwah dalam A-Qur’an. Jakad Media Publishing.