Pengembangan Metode Komunikasi Dakwah Tabligh Komunitas Life Is Right dalam Membentuk Karakter Pancasila pada Anak

Main Article Content

Fajar Istikhomah
Awit Istighfarin
Putri Balqis Al-Kubro
Malik Ibrahim
Muhammad Qolbi Shobri

Abstract

Dakwah merupakan sebuah bentuk komunikasi yang paling sederhana namun memiliki keistimewaan. Sedangkan tabligh merupakan salah satu bentuk dakwah yang berfungsi untuk mengenalkan materi atau menginternalisasi nilai Islam terhadap mad’u. dalam perkembangan ilmu pengetahuan, keilmuan yang mengkaji dakwah semakin berkembang. Sehingga, terdapat pengembangan-pengembangan dalam metodenya untuk mempermudah pesan atau materi dakwah diterima oleh mad’u, salah satunya adalah dengan memahami kondisi mad’u secara psikologi. Dalam penelitian ini berfokus pada bagaimana pengembangan metode komunikasi dakwah tabligh terhadap anak. Hal tersebut perlu dilakukan, karena anak memiliki keistimewaan secara psikologis. Sedangkan metode penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif, dengan pendekatan psikologi dan participatory action research. Dalam penelitian ini berhasil mendeskripsikan pngembangan metode komunikasi dakwah tabligh yang dilakukan komunitas Life is Right (LR) untuk mempermudah anak-anak menerima pesan atau materi yang disampaikan. Metode tersebut yaitu wayang orang, boneka tangan, drama, puzzle, dan diskusi dengan materi dakwah karakter Pancasila.

Article Details

How to Cite
Istikhomah, F., Awit Istighfarin, Putri Balqis Al-Kubro, Malik Ibrahim, & Muhammad Qolbi Shobri. (2024). Pengembangan Metode Komunikasi Dakwah Tabligh Komunitas Life Is Right dalam Membentuk Karakter Pancasila pada Anak. Jurnal Audiens, 5(1), 140–151. https://doi.org/10.18196/jas.v5i1.348
Section
Articles

References

Ahmad, A. (2008). Konstruksi Keilmuan Dakwah dan Pengembangan Jurusan-Konsentrasi Studi. Walisongo.

Alifah, F. N. (2019). Pengembangan Strategi Pembelajaran Afektif. Tadrib, 5(1), 68–86. https://doi.org/10.19109/tadrib.v5i1.2587

Gunarsa, S. D. (2004). Psikologi Praktis: Anak, Remaja dan Keluarga. Gunung Mulya.

Guy, B., Feldman, T., Cain, C., Leesman, L., & Hood, C. (2020). Defining and navigating ‘action’ in a Participatory Action Research project. Educational Action Research, 28(1), 142–153. https://doi.org/10.1080/09650792.2019.1675524

Hamka. (2018). Prinsip dan Kebijksanaan Dakwah Islam. Gema Insani.

Hanyfah, S., Fernandes, G. R., & Budiarso, I. (2022). Penerapan Metode Kualitatif Deskriptif Untuk Aplikasi Pengolahan Data Pelanggan Pada Car Wash. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 6(1), 339–344. https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5697

Ibrahim, M. (2023). Communication Psychology in the Frame of Da ’ wah : Urgency and Theory. 4(4).

Kamaludin. (2015). Mengenal Mad’u dalam Perspektif Teologis, Sosiologis, Antropologis, dan Psikologis. Studi Multidisipliner, 2(1).

Kholiludin, T. (2016). Islamisme, Pos-Islamisme dan Islam Sipil: Membaca Arah Baru Gerakan Islam. Iqtisad, 3(1), 52. https://doi.org/10.31942/iq.v3i1.2460

Majid, A., & Andayani, D. (2013). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Rosdakarya.

Mukhlisin, L., Ibrahim, M., Aulia, A., Rasyid, A., Megananda, A., Sajitin, A., Komunikasi, I., & Madiun, U. M. (2023). The Urgency of Communication Psychology in Educational. 2, 25–33.

Nurdin, Z. D. C. N. D. Y. (2020). Pengaruh metode bercerita multimedia terhadap nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun di TK IT AlFikri. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 412–421.

Öztaş, A., & Mart, Ç. T. (2015). International Journal of Social Sciences & Educational Studies EDITOR-IN-CHIEF EDITORIAL ASSISTANT. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 1(4), 1–91. www.ijssesjournal.org

Pirol, A. (2018). Komunikasi dan Dakwah Islam. Deepublish.

Saputra, W. (2012). Pengantar Ilmu Dakwah (1st ed.). RajaGrafindo Persada.

Sayd, A. I., Attubel, M., & Nazarudin, H. (2018). Implementasi Metode TTR dalam Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Anak-anak Sekolah Dasar Inpres Liliba Kupang. Jurnal Bisnis & Manajemen, 3(1), 17–24.

Soetjiningsih, C. H. (2012). Seri Psikologi Perkembangan: perkembangan Anak Sejak Perubahan Hingga Kanak-kanak Akhir. Kencana.

Umro’atin, Y. (2019). Dakwah dalam A-Qur’an. Jakad Media Publishing.