Pop Culture Citayam Fashion Week dalam Pemberitaan Kompas.id dan Popbela.com

Main Article Content

One Vengga Radhica

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pop Culture Citayam Fashion Week dalam Pemberitaan Kompas.id dan Kompas.com”. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui framing dari pemberitaan Citayam Fashion Week pada media Kompas.id dan Popbela.com dengan menggunakan analisis framing Zongdang Pan. Objek dari penelitian ini adalah dua berita dari Kompas.id dan dua berita dari Popbela.com terkait dengan fenomena pop culture Citayam Fashion Week.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan paradigma konstruktivistik dengan metode pengumpulan data dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik analisis yang digunakan adalah Analisis Framing Model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Kompas.id mengkonstruksi fenomena Citayam Fashion Week sebagai fenomena yang populer dan diindikasi melanggar beberapa aturan. Sedangkan Popbela.com mengkonstruksi fenomena tersebut dengan sudut pandang selebriti untuk menarik audiencenya. Popbela.com tidak konsisten dalam memberitakan fenomena Citayam Fashion Week, dengan menyelipkan judul yang click bait namun pada isi beritanya tidak ada sangkut pautnya dengan fenomena ini. Kedua media juga terlihat hanya berpihak pada satu pihak tertentu saja.

Article Details

How to Cite
Radhica, O. V. (2024). Pop Culture Citayam Fashion Week dalam Pemberitaan Kompas.id dan Popbela.com. Jurnal Audiens, 5(1), 152–172. https://doi.org/10.18196/jas.v5i1.350
Section
Articles

References

Aftrinanda, S. R. A., & Junaedi, F. (2021). Konstruksi Berita Perkosaan Reynhard Sinaga di Tirto dan Tribunnews. Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1). https://doi.org/10.30596/interaksi.v5i1.5347

Ayulestari Soemardi, A., & Mutiaz, I. (2020). Konstruksi Citra Wanita dalam Media Online (Analisis Framing pada Popbela.Com). DESKOMVIS: Jurnal Ilmiah Desain Komunikasi Visual, Seni Rupa dan Media, 1(1), 64–71. https://doi.org/10.38010/dkv.v1i1.9

Barnard, M. (2002). Fashion as Communication. Dalam Fashion as Communication. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315013084

Berek, D. (2014). Fashion Sebagai Komunikasi Identitas Sub Budaya (Kajian Fenomenologis terhadap Komunitas Street Punk Semarang). INTERAKSI: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 56–66.

Boer, K. M., Pratiwi, M. R., & Muna, N. (2020). Analisis Framing Pemberitaan Generasi Milenial dan Pemerintah Terkait Covid-19 di Media Online. Communicatus: Jurnal Ilmu komunikasi, 4(1), 85–104. https://doi.org/10.15575/cjik.v4i1.8277

Brydges, T., Retamal, M., & Hanlon, M. (2020). Will COVID-19 support the transition to a more sustainable fashion industry? Sustainability: Science, Practice, and Policy, 16(1), 298–308. https://doi.org/10.1080/15487733.2020.1829848

Dharma, F. A. (2018). The Social Construction of Reality: Peter L. Berger’s Thoughts About Social Reality. Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1). https://doi.org/10.21070/kanal.v%vi%i.3024

Dhiya, A., Dan, H., & Fadilah, E. (2018). Transformasi Harian Kompas Menjadi Portal Berita Digita Subscription Kompas.Id. Kajian Jurnalisme, 01(02). http://jurnal.unpad.ac.id/kajian-jurnalisme|190

Hendariningrum, R., & Susilo, M. E. (2008). Fashion dan Gaya Hidup : Identitas dan Komunikasi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 25–32.

Junaedi, F. (2013). Jurnalisme Penyiaran dan Reportase Televisi (1 ed.). Prenadamedia Group.

Karman. (2013). Media Dan Konstruksi Realitas (Analisis Framing Terhadap Pemberitaan Koran Tempo Mengenai Kasus Ledakan Bom di Masjid Mapolres Cirebon). Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 16(1), 27–28. https://doi.org/https://doi.org/10.31445/jskm.2012.160102

McQuail, denis. (2010). McQuail’s Mass Communication Theory. Sage Publications.

Mulyana, D., & Eriyanto. (2002). Analisis Framing Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. LKiS. https://books.google.co.id/books?id=0nBaDwAAQBAJ&printsec=copyright#v=onepage&q&f=false

Pan, Z., & Kosicki, G. M. (1993). Framing analysis: An approach to news discourse. Political Communication, 10(1), 55–75. https://doi.org/10.1080/10584609.1993.9962963

Pratama, R., & Saragih, M. Y. (2022). Zhong Dang Pan and Gerald M.Kosicki Framing Model Analysis on Citayam Fashion Week News in Tempo.co and Tirto.id Online Media. 2(4).

Rahman, N. (2022). Citayam Fashion Week; Transformasi Ruang Publik dan Pop Culture Masyarakat Urban.

Shoemaker, P. J., Reese Shoemaker, S. D., Houchin Winfield, B., & Berkowitz, D. (t.t.). Mediating the Message in the 21st Century. www.anu-design.ie

Tatas, H. L. (2022). Peran Media Sosial Dan Fenomena Ciayam Fashion Week. Jurnal STIKOM Semarang, 4(2), 46–57.

Wahjuwibowo, I. S. (2015). Pengantar Jurnalistik: Teknik Penulisan Berita, Artikel & Feature. Perludem, 1–168.

Wibowo, A. (2022). Rethinking Push-Pull Factors and Multiplier Effects of Egali- tarian and Inclusive Creative Economy through The Lens and Vantage Point of A Recent “ Citayam Pop-up and Makeshift Fashion Week ” Phenomenon Related to the SE Asian Youth Street Subculture. July, 1–6. https://doi.org/10.20944/preprints202207.0457.v1