Manajemen Periklanan UMKM Digital oleh Agensi Lokal (Studi Kasus Manajemen Periklanan Digital pada Uraga Digital Agency)

Main Article Content

Okky Verizky Nobelta
Aqila Nur Rahmalia

Abstract

Penggunaan internet terus berkembang di seluruh dunia karena akses yang mudah dan biaya yang terjangkau. Media sosial semakin populer karena biaya akses yang rendah, salah satunya menjadi sarana periklanan yang memungkinkan perusahaan mempromosikan produk dengan cepat. Peran agensi periklanan semakin penting di era digital terutama di daerah-daerah di mana bisnis kecil yang tidak memiliki SDM internal yang memadai seperti UMKM sehingga membutuhkan agensi untuk membantu mereka dalam  promosi online dengan jangkauan yang luas. Uraga Digital Agency adalah salah satu digital marketing agency di Indonesia yang menyediakan layanan kreatif dan strategi periklanan. Penelitian ini berfokus pada manajemen periklanan digital agensi lokal yaitu Uraga Digital Agency khususnya pada UMKM. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan metode studi kasus yang bertujuan untuk memahami atau menggambarkan secara menyeluruh suatu peristiwa atau keadaan tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk mendapatkan Consumer Response yang baik, strategi periklanan yang dilakukan oleh Agensi Lokal terhadap klien UMKM mereka dengan memanfaatkan berbagai fitur periklanan digital serta memanfaatkan konteks lokalitas dari UMKM sehingga dapat menyasar target audiens yang tepat. Selain itu, penyusunan pesan dalam materi iklan dan konten dibuat disesuaikan dengan selera UMKM serta dibuat dekat dengan konteks audiens/konsumen mereka.

Article Details

How to Cite
Nobelta, O. V., & Rahmalia, A. N. (2024). Manajemen Periklanan UMKM Digital oleh Agensi Lokal (Studi Kasus Manajemen Periklanan Digital pada Uraga Digital Agency). Jurnal Audiens, 5(1), 173–183. https://doi.org/10.18196/jas.v5i1.352
Section
Articles

References

Abdussamad, H. Zuchri, and M. S. Sik. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Agrawal, Narendra, Sami Najafi-Asadolahi, and Stephen Smith. 2019. Optimization of Operational Decisions in Digital Advertising: A Literature Review.

Agustin, Sri Kurniasih, Nenik Diah Hartanti, Vely Randyantini, and Helen Fitriana. 2023. “PENERAPAN STRATEGI DIGITAL MARKETING CREATIVE AGENCY BUSINESS TO BUSINESS MELALUI MEDIA INSTAGRAM KINAJA INDONESIA.” Jurnal Abdimas Bina Bangsa 4(1):585–600. doi: https://doi.org/10.46306/jabb.v4i1.450.

Antoni, Mark. 2020. “Media Sosial Dari Masa Ke Masa.” Retrieved January 25, 2024 (https://www.kompasiana.com/markantoni/5fe21cd78ede48055e3f6ca5/media-sosial-dari-masa-ke-masa).

Ayodya, Wulan. 2020. UMKM 4.0, Strategi UMKM Memasuki Era Digital 4.0. Elex Media Komputindo.

Darajatoen, Ratno Rachman, Dandi Yunidar, and Chris Chalik. 2022. “Perancangan Working Pod Untuk Pekerja Dibidang Digital Marketing Agency.” EProceedings of Art & Design 9(1):628–42.

Fatmawati, Nurul. 2021. “Pengaruh Positif Dan Negatif Media Sosial Terhadap Masyarakat.” Retrieved January 25, 2024 (https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-semarang/baca-artikel/14366/Pengaruh-Positif-dan-Negatif-Media-Sosial-Terhadap-Masyarakat.html).

Indriana, Dimas Yudistira Nugraha, Rudy Aryanto, and Doni Purnama Alamsyah. 2022. “Preferensi Periklanan Digital Dukungannya Pada Minat Berkunjung Turis.” Altasia Jurnal Pariwisata Indonesia 4(2):81–91. doi: http://dx.doi.org/10.37253/altasia.v4i2.6846.

Izza. 2023. “KONSEP DAN SEJARAH MEDIA SOSIAL DARI MASA KE MASA.” Retrieved January 25, 2024 (https://bigevo.com/blog/detail/sejarah-media-sosial).

Kominfo. 2022. Indeks Literasi Digital Indonesia 2022.

Kotler, Philip, Kevin Keller, and Alexander Chercev. 2021. Marketing Management. 16th ed. Global Edition-Pearson.

Muhammad, Nabilah. 2023. “Usaha Mikro Tetap Merajai UMKM, Berapa Jumlahnya?” Retrieved January 25, 2024 (https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/10/13/usaha-mikro-tetap-merajai-umkm-berapa-jumlahnya).

Putra, M. Dirga Ismansyah. 2024.“Personal Interview (2024, February 21st).”

Rachmadi, Tri. 2020. The Power Of Digital Marketing. Tiga Ebook.

Rakhmat, Jalaluddin. 2001. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Rosdakarya.

Saputra, Didin, Dian Sutiksno, Aditya Halim Perdana Kusuma, Romindo, Dewi Wahyuni, Agung Purnomo, and Janner Simarmata. 2020. Digital Marketing: Komunikasi Bisnis Menjadi Lebih Mudah.

Satria, Rofik, and A. R. Hasmawaty. 2021. “Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Penjualan Produk KartuAS Telkomsel Cabang Palembang.” Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM 2(3):160–71. doi: https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v2i3.361.

Shiratina, Aldina, Deru R. Indika, Imas Komariyah, Dewi Kania, and Eka Hendriani Solihin. 2020. “Pemasaran Online Melalui Penerapan Iklan Secara Digital.” Jurnal Sains Manajemen 2(1):15–23. doi: https://doi.org/10.51977/jsm.v2i1.184.

Social, We Are, and Meltwater. 2024. Digital 2024: Indonesia.

Todor, Raluca Dania. 2016. “Blending Traditional and Digital Marketing.” Bulletin of the Transilvania University of Brasov. Series V : Economic Sciences 51–56.

Triwardhani, Diana. 2020. “PENGARUH PROMOSI DIGITAL PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN AGENSI IKLAN ONLINE.” JBMI: Jurnal Bisnis, Manajemen Dan Informatika 16(3). doi: https://doi.org/10.26487/jbmi.v16i3.9071.

Wiktor, Jan W., and Katarzyna Sanak-Kosmowska. 2021. “The Competitive Function of Online Advertising. An Empirical Evaluation of Companies’ Communication Strategies in a Digital World.” Procedia Computer Science 192:4158–68. doi: https://doi.org/10.1016/j.procs.2021.09.191.

Yin, Robert K. 2014. Case Study Research Design and Methods (5th Ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.

Zainy, Ahmad, Cici Rianty K. Bidin, and Harnida Wahyuni Adda. 2023. “Pendampingan Proses Kualitas Pelayanan Dan Digital Marketing Di CV. Safari Cipta Ekosistem.” NGABDI: Scientific Journal of Community Services 1(1):43–50.

Zein, Afrizal, Emi Sita Eriana, and Risah Subariah. 2023. Digital Marketing. edited by R. Subariah. Unpam Press.